Cara Supaya Bunyi Tetap Merdu, Indah Dan Bernada Tinggi

Tips berikut ini yakni Cara Melatih Suara/Vokal Agar tetap Merdu, Terasa plong dan Bernada Tinggi namun sebelum anda berlatih, ada satu hal yang perlu diperhatikan. Salah satu teknik pernafasan dalam olah vocal yang paling efektif yaitu yakni teknik pernafasan perut, Bukan pernafasan dada.

Cobalah untuk memperhatikan cara berbicaramu setiap hari. Sekalipun orang yang mempunyai kebiasaan menyanyi yang baik terkadang sanggup mengalami luka ketika berbicara dan juga banyak penyanyi yang tidak memperhatikan cara berbicara, apakah mengakibatkan iritasi pita bunyi atau tidak.

TEKNIK MELATIH PERNAFASAN

Cara termudah untuk membedakan Nafas Perut dan Nafas Dada yakni : 
  • nafas perut : ketika menarik nafas, perut mengembung, sedangkan
  • nafas dada : ketika nafas ditarik, yang mengembung yakni dada. Gampang kan?

Oke kita mulai berlatih
Namun sebelum itu siapkan posisi tubuh, sanggup bangun atau duduk bersila. Tegakkan punggung/badan.

  1. Tarik nafas dalam-dalam (dengan nafas perut), hitung hingga 10 detik. Pada hitungan ke-10, perut diusahakan full mengembung.
  2. Hitungan 10 detik berikutnya tahan nafas. Dalam posisi perut full mengembung, tahan hingga perut terasa keras. Boleh dicek dengan menepuk-nepuk perut yang mengeras.
  3. Hitungan 10 detik berikutnya, keluarkan nafas perlahan-lahan melalui mulut. Atur pengeluaran nafas seefisien mungkin hingga hitungan ke-10 biar pengeluaran nafas sanggup sehemat mungkin, ekspresi dibuka sedikit saja sambil membunyikan ”cesssss”
  4. Berikutnya, ulangi langkah-langkah latihan ”tarik-tahan-keluar” tersebut dengan penambahan durasi waktu secara bertahap. Misalnya, dengan penambahan per 5 detik, menjadi 15, 20, 25,30 dst. hingga batas waktu terlama. 
  5. Jika dalam satu durasi waktu masih dirasa berat…coba diulang beberapa kali.

TEKNIK MELATIH VIBRASI

Kalian sudah tahu belum apa itu vibra ? okey sepakat biar saya jelaskan dulu. vibra yakni “membunyikan” suara. ini terjadi akhir adanya kontraksi pada pita suara. Hmm, jadi begini.. ketika kita bernapas, pita bunyi akan terbuka dan udara akan lewat begitu saja tanpa menghasilkan suara.. tapi ketika kita hendak bersuara atau bernyanyi… maka pita bunyi akan merapat dan udara dari dalam menciptakan pita bunyi tersebut bergetar untuk menghasilkan bunyi-bunyi tersebut.

Kasus nya ibarat ini, sebagai bukti.. coba pegang jakun atau tenggorokan tengah leher kalian sambil mengucapkan huruf-huruf ibarat S, SH, F maka tidak ada getaran di jakun kita.. tapi coba kalau dengan abjad G, K, NG, dan “AHHH”.. maka akan ada getaran.. itulah awal proses asal mula vibrasi/ getaran..

Nahh.. ilham dari getaran ibarat ini sanggup diaplikasikan pada nyanyian dan berkhasiat untuk :

  • ekspresi (secara emosi)
  • memudahkan untuk mencapai nada-nada tinggi (secara teknik)
Untuk Cara Melatihnya :

  1. Cobalah rileks
  2. Nyanyikan nada dengan benar dengan nada tinggi namun tidak perlu terlalu tinggi
  3. Rasakan udara yang mengalir dari dalam ke luar pita bunyi anda
  4. Rasakan pada getarannya
  5. Fokus dan coba untuk mendapat vibrasi alunan tersebut pada nyanyian secara natural. ingat, jangan dibuat-buat ibarat menggerakkan bab tenggorokan kita hingga bergerak secara berlebihan. hal ibarat ini malah akan menguras energi dan menciptakan bunyi tidak stabil / enggak terang tone nya
  6. Jika sudah terasa vibrasinya. gres boleh digerakkan bab dalam tenggorokan dengan seperlunya, gak perlu berlebihan. tergantung ekspresi, alunan dan kebutuhan lagu.
  7. Ingat vibrasi yang baik itu yakni vibrasi yang terbentuk secara natural dengan getaran yang stabil. Kaprikornus harus dilatih pelan-pelan. yang terpenting stabil, stabil dan stabil

RAMUAN ALAMI UNTUK MENDAPATKAN SUARA MERDU

Bahan-Bahan :

  • Jeruk Nipis – 2 buah
  • Kapur Sirih – Seujung kuku
  • Garam – Secukupnya
  • Madu Asli – 1 sendok 

Cara Pembuatan :

  1. Potong Jeruk Nipis masing-masing menjadi dua bagian
  2. Lalu Peras dan ambil airnya
  3. Campur kapur sirih, sedikit garam dan satu sendok makan Madu Asli 

Aturan Pakai :
Minum Ramuan ini hingga habis. Lakukan 1 ahad sekali, insyaallah dalam waktu sebulan bunyi anda akan terasa plong dan menjadi merdu. Untuk menjaga bunyi biar terpelihara dengan baik, minum ramuan ini minimal dua kali dalam sebulan, suaranya akan terasa merdu dan plong tentunya.

Demikian tips kali yang berjudul Cara Mendapatkan Suara Indah, Merdu dan Bernada Tinggi. jikalau anda ingin mempunyai vokal bunyi yang manis usahakan menghasilkan intonasi nada yaitu dengan telinga yang baik, kontrol pernafasan, dan tidak luput dari rasa musikal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *