Mobil Second Vs Baru, Sebaiknya Beli yang Mana? Coba Lihat Ulasannya Dulu

Banyak orang yang memutuskan untuk menjual mobilnya dengan alasan ingin berganti dengan yang baru, apalagi bagi mereka penggemar otomotif. Mengingat setiap brand sendiri juga senantiasa memproduksi kendaraan-kendaraan terbarunya setiap tahun, dibekali dengan berbagai macam upgrade, mulai diantaranya adalah dari segi tampilan sampai dengan jeroannya. Jadi bagi Anda sendiri yang sudah cukup lama mengidam-idamkan untuk memiliki kendaraan pribadi, namun selama ini terkendala masalah dana sebenarnya bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Beli saja mobil second  yang banyak dijual di pasaran.

Dengan memiliki kendaraan sendiri pada dasarnya memang tawarkan beragam jenis keuntungan bagi Anda, mulai diantaranya jika melihat dari segi mobilitas, mereka yang pada dasarnya memiliki tuntutan atau mobilitas yang tinggi, maka akan jauh lebih menguntungkan dalam memiliki kendaraan pribadi, paling tidak nantinya beban transportasi juga akan semakin murah. Begitu juga mobil ini dapat dijadikan sebagai salah satu modal dalam menjalankan bisnis atau mendapatkan pemasukan tambahan bagi Anda.

Hanya saja juga tidak memungkiri jika seandainya ingin membeli mobil second ini juga ada banyak sekali pertimbangannya. Jika seandainya Anda ingin membeli tunai juga bukan masalah, jika seandainya memiliki biaya atau uang yang cukup. Berikut ini diantara beberapa perbandingan untuk Anda jika ingin membeli mobil bekas maupun yang baru, yaitu:

  1. Harga, sudah pasti perbandingan yang paling utama adalah dari segi harga, dimana untuk kendaraan baru umumnya dijual dengan harga asli atau masih mahal, namun berbeda cerita jika seandainya Anda membeli yang sudah bekas, karena telah terjadi penyusutan harga maka nilai jualnya ke pasaran juga kian murah sampai dengan 30 persen dari tawaran harga aslinya, tentu sangat menguntungkan bukan.
  2. Kondisi, perbandingan yang kedua dilihat dari segi kondisi kendaraan, baik itu untuk interior maupun eksteriornya, untuk kendaraan baru semuanya dalah kondisi yang bagus, tarikan nyaman, begitu juga dengan jok atau tempat duduk, masih asli bawaan pabrik. Namun untuk kendaraan bekas sudah pasti ada penurunan kualitas, entah itu mesinnya yang turun maupun kondisi fisiknya yang mulai cacat. Hanya saja bergantung juga dengan waktu pakai atau riwayat penggunaan kendaraan tersebut, karena jika semakin lama maka kondisinya juga kian buruk dibandingkan yang masih digunakan selama beberapa bulan saja.
  3. Harga jual kembali, jika sewaktu-waktu Anda ingin menjual kembali produk kendaraan tersebut, maka sudah pasti membeli mobil baru kemudian menjualnya lagi dala kondisi bekas ada penyurutan harga atau depresiasi yang cukup tinggi nilainya, dibandingkan dengan membeli Anda mobil bekas kemudian menjualnya kembali, depresiasi harga yang dirasakan tidak akan begitu signifikan.
  4. Biaya perawatan, pertimbangan yang tidak kalah penting adalah dari segi biaya perawatan, karena bagaimanapun Anda tentunya ingin mendapatkan tarikan yang optimal dari kendaraan tersebut bukan, untuk menunjang hal tersebut maka kendaraan harus dirawat dengan baik. Mobil yang masih baru nyatanya tidak begitu membutuhkan perawatan ekstra, namun berbeda ceritanya jika sudah bekas, biaya perawatan yang harus Anda keluarkan jadi jauh lebih mahal.

Itulah setidaknya beberapa hal yang patut menjadi pertimbangan kembali bagi Anda entah itu untuk membeli mobil second maupun yang baru. paling penting memang melihat dari segi keuangan, jika memang mencukupi tak masalah beli yang baru, namun jika ada yang kualitasnya tak kalah bagus dengan harga lebih murah, tak masalah beli bekas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *